LAPORAN
PELAKSANAAN BANTUAN PENINGKATAN KARIR PTK SMP MELALUI
MGMP BAHASA INGGRIS SMP TAHUN 2013
1.
LAPORAN FISIK
2.
LAPORAN KEUANGAN
Nama MGMP :
MGMP Bahasa Inggris
SMP Banyuasin
Alamat :
SMPN 1 Talang Kelapa
Jalan Kerani Amad Km.18
Kelurahan Sukamoro
Kecamatan Talang Kelapa
Kabupaten Banyuasin
Sumatera Selatan
Nama Ketua MGMP :
Ana Rosasi,
S.Pd.
No. HP Ketua MGMP :
0812 713 6185
No. Rekening MGMP :
169-09-06492
No. NPWP MGMP :
004798401314000
TAHUN 2013
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Departemen
Pendidikan Nasional secara terstruktur dan berkelanjutan telah mengembangkan
peningkatan mutu pendidikan melalui berbagai pendekatan seperti peningkatan
sarana dan prasarana pendidikan, pengembangan dan peningkatan kualitas tenaga
kependidikan, pengembangan manajemen kependidikan, peningkatan kualitas belajar
mengajar dan pengembangan kurikulum. Program tersebut bermuara pada peningkatan
mutu lulusan yang secara akademis maupun
sosial dan teknik kompeten di bidangnya sehingga mampu bersaing secara global.
Salah satu
komponen yang sangat menentukan dalam peningkatan mutu pendidikan adalah guru
sebagai pelaku utama pendidikan, garda terdepan baik buruknya kualitas
pendidikan. Guru memegang peranan yang sangat menentukan dalam proses
pembelajaran. Peran guru dalam perencanaan, pengaktualisasian, dan
pengevaluasian sangat ditentukan kualitasnya oleh pengetahuan akademik dan
pedagogiknya. Proses pembelajaran sebagai suatu aktivitas untuk meningkatkan
pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa berkaitan langsung dengan kualitas
guru, karena sebagai suatu kegiatan sistemik, proses pembelajaran melibatkan
guru mulai dari pemilihan dan pengurutan materi pembelajaran, penerapan dan
penggunaan metode pembelajaran, penyampaian materi pembelajaran, pembimbingan
belajar, sampai pada kegiatan pengevaluasian hasil belajar. Karenanya suatu
proses pembelajaran akan berlangsung secara baik jika dilaksanakan oleh guru
yang memiliki kualitas kompetensi akademik dan profesional yang memadai. Oleh
karena itu, peningkatan mutu pendidikan dapat diupayakan melalui peningkatan
mutu tenaga pendidik.Tanpa didukung oleh mutu tenaga pendidik yang memadai, sebaik
apa pun prasarana dan sarana pendidikan tidak akan memiliki arti yang signifikan terhadap
peningkatan mutu pendidikan di suatu sekolah.
Undang-Undang RI
No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional menyatakan bahwa jabatan guru sebagai pendidik merupakan
jabatan profesional. Untuk itu profesionalisme guru dituntut agar terus
dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman, serta kebutuhan masyarakat. Hal
itu selaras dengan penjelasan dalam Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005
tentang Guru dan Dosen yang mengamanatkan
guru untuk : (i) memiliki kualifikasi akademik minimum S1/D4, (ii) memiliki
kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian,
sosial, dan profesional, dan (iii) memiliki sertifikat pendidik. Agar guru
dapat memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran sebagaimana yang
diamanatkan pada UU tersebut di atas, maka guru harus meningkatkan
kompetensinya melalui berbagai upaya, antara lain melalui pelatihan, penulisan
karya ilmiah, dan berbagai pertemuan di kelompok kerja atau forum-forum
pendidikan.
Forum Musyawarah
Guru Mata Pelajaran merupakan salah satu wadah untuk dapat menyatukan persepsi
dan pemahaman atau saling tukar menukar informasi dan pengalaman yang
bermanfaat serta mencari solusi mengenai berbagai permasalahan yang dihadapi
oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Namun kenyataannya, MGMP yang sudah
ada pada setiap wilayah/ kota/ kecamatan sebagian besar belum optimal digunakan
sebagai wadah guru untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang berkaitan dengan
tugas pokok guru, masih ditemukan penyelenggaraan kegiatan tersebut dilaksanakan
apa bila ada block grant dari pemerintah, bahkan tidak ada kegiatan yang
terorganisir dalam rencana program kerja MGMP. Oleh karena itu keberadaaan MGMP
tersebut perlu diberdayakan fungsi dan perannya sehingga dapat digunakan
sebagai wadah untuk tugas pokoknya secara profesional.
Berdasarkan
kenyataan tersebut, disadari bahwa banyak permasalahan yang dihadapi oleh guru
sebagai ujung tombak pelaksana kegiatan pembelajaran di sekolah. Sesuai dengan
kondisi pendidikan di Kabupaten Banyuasin saat ini, ada beberapa persoalan yang
berkaitan dengan kualitas guru, antara lain : masih ada sejumlah guru Bahasa Inggris
dari beberapa sekolah khususnya di Rayon Banyuasin III dan sekitarnya yang
belum memenuhi kualifikasi S1/D4, masih ditemukan guru yang rendah pemahamannya
terhadap karakteristik pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif dan
Menyenangkan (PAKEM), rendahnya kemampuan dan pemahaman guru dalam pembuatan
karya tulis ilmiah dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas, serta rendahnya motivasi guru untuk
mengembangkan metode-metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Berbagai program
dan kegiatan yang telah dilaksanakan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan
khususnya kualitas kinerja guru dengan berbagai
sumber dana antara lain subsidi
KKG/MGMP serta pemanfaatan dana BOS telah menunjukan perubahan sikap dan
perilaku guru di Kabupaten Banyuasin dalam pelaksanaan pembelajaran. Namun
kenyataannya, MGMP yang sudah ada di Kapubaten Banyuasin belum optimal
digunakan sebagai wadah guru untuk
menyelesaikan berbagai persoalan yang
berkaitan dengan tugas pokok guru , hal ini disebabkan penyelenggaran kegiatan tersebut dilaksanakan apa bila ada block
grant dari pemerintah, bahkan tidak ada kegiatan yang terorganisir dalam
rencana kerja/program kerja MGMP.
Oleh karena itu
diperlukan upaya revitalisasi kelompok
kerja MGMP Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Banyuasin agar aktivitas/kegiatan
yang di lakukan oleh kelompok kerja
tersebut dapat memberikan manfaat
optimal dalam upaya peningkatan
kompetensi guru. Program kerja MGMP diharapkan dapat memberikan konstribusi
untuk menumbuhkembangkan budaya
pembelajaran yang berpusat pada sistem intruksional yang prima, sehingga
berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran
yang berujung pada peningkatan kualitas pendidikan nasional.
Berkenaan dengan
hal tersebut kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMP
Kabupaten Banyuasin melalui program
Pemberian Dana Bantuan Peningkatan Karir PTK SMP dari Kemdikbud merencanakan
kegiatan peningkatan kompetensi, kualifikasi dan kinerja guru
Bahasa Inggris SMP di wilayah rayon Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin
dengan harapan dapat menjembatani upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu
pendidikan secara nasional, khususnya mutu pendidikan di Kabupaten Banyuasin
dan Sumatera Selatan.
B. Dasar Hukum
Dasar hukum yang digunakan sebagai acuan dalam penyusunan
proposal Bantuan Peningkatan Karir PTK SMP Melalui MGMP SMP Tahun 2013, antara
lain sebagai berikut.
1.
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945: Pembukaan
pada alinea 4, dan Bab XIII Pendidikan, Pasal 31, ayat (1) dan ayat (2).
2.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab XI Pendidik dan Tenaga
Kependidikan, pasal 30 sampai dengan pasal 44.
3. Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia No. 32
tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan.
4. Peraturan
pemerintah Republik Indonesia No.48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan
5. Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia No.16 tahun 2007 tentang kualifikasi akademik PTK
C. Tujuan
Kegiatan
Peningkatan Kompetisi dan Kinerja Guru Bahasa Inggris SMP Kabupaten Banyuasin
melalui Program Pemberian Dana Bantuan Peningkatan Karir PTK SMP melalui MGMP
Bahasa Inggris SMP Tahun 2013 bertujuan untuk :
Ø Meningkatkan pengetahuan,
kompetensi dan kinerja, serta
mengembangkan profesionalisme dan karir
guru melalui kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat MGMP
Bahasa Inggris Kabupaten Banyuasin
Ø Meningkatkan
pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan motivasi guru dalam pengembangan
karir profesional mereka melalui pembuatan karya tulis ilmiah.
Ø Meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam
pembelajaran yang lebih profesional.
Ø Memperluas
wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi
materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan pembelajaran,
strategi pembelajaran,metode pembelajaran, memaksimalkan pemakaian
sarana/prasarana belajar, memanfaatkan sumber belajar, dsb.
Ø Menjalin
komunikasi dan dukungan profesional antar guru Bahasa Inggris yang bermuara
pada saling tukar informasi berbagai hal yang bermanfaat bagi pengembangan
karir dan profesionalisme guru Bahasa Inggris di wilayah Kabupaten Banyuasin.
D. Sasaran
Kegiatan
peningkatan karir PTK SMP melalui MGMP Bahasa Inggris SMP Tahun 2013 diperuntukkan bagi guru-guru
Bahasa Inggris yang berasal dari 10
sekolah, berjumlah 30 orang dengan rincian sebagai berikut.
No.
|
Sekolah
|
Jumlah
|
1
|
SMPN 1 Banyuasin III
|
2
|
2
|
SMPN 2 Banyuasin III
|
3
|
3
|
SMPN 1 Sembawa
|
5
|
4
|
SMPN 1 Talang Kelapa
|
7
|
5
|
SMPN 2 Sembawa
|
4
|
6
|
SMPN 2 Talang Kelapa
|
1
|
7
|
SMP Sandika Sukajadi
|
4
|
8
|
SMPN 1 Tanjung Lago
|
2
|
9
|
SMPN 1 Suak Tapeh
|
1
|
10
|
SMP Santo Louis
|
1
|
Jumlah
|
30
|
E. Hasil yang diharapkan
Hasil
yang diharapkan dari Kegiatan Peningkatan Karir PTK SMP Melalui MGMP Bahasa
Inggris Kabupaten Banyuasin Tahun 2013
adalah :
Ø Terwujudnya
peningkatan pengetahuan, kompetensi dan kinerja, serta mengembangkan profesionalisme dan karir guru melalui
kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat MGMP Bahasa Inggris
SMP Kabupaten banyuasin
Ø Terwujudnya
peningkatan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan motivasi guru dalam
pengembangan karir profesional mereka melalui pembuatan karya tulis ilmiah.
Ø Terwujudnya peningkatan
pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam
pembelajaran yang lebih profesional.
Ø Terwujudnya peningkatan
wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi
materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan pembelajaran,
strategi pembelajaran,metode pembelajaran, memaksimalkan pemakaian
sarana/prasarana belajar, memanfaatkan sumber belajar, dsb.
Ø Terwujudnya wadah
komunikasi dan dukungan profesional antar guru Bahasa Inggris yang bermuara
pada saling tukar informasi berbagai hal yang bermanfaat bagi pengembangan
karir dan profesionalisme guru Bahasa Inggris di wilayah Kabupaten Banyuasin.
F. Manfaat
Kegiatan
Peningkatan Karir PTK Melalui MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Banyuasin Tahun
2013 diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak sebagai berikut :
1. Bagi Siswa
Memperoleh
mutu pelayanan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna yang tercermin pada
peningkatan prestasi hasil belajar siswa.
2. Bagi Guru
1.
Peningkatan karir tenaga pendidik melalui pembuatan karya
tulis ilmiah.
2.
Peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru sesuai
dengan Standar Pendidikan Nasional melalui berbagai kegiatan dalam forum MGMP.
3. Bagi Sekolah
Memiliki
guru-guru yang kompeten, produktif, kreatif, inovatif dan profesional serta
mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
4. Bagi Pemerintah Kabupaten/Kota
Memiliki
guru-guru kompeten, produktif, kreatif, inovatif dan profesional serta mampu
meningkatkan mutu pembelajaran dan indeks prestasi pendidikan kabupaten
Banyuasin.
G. Dampak
Dampak yang ingin dipetik melalui pelaksanaan kegiatan
Peningkatan Karir PTK SMP Melalui MGMP SMP Tahun 2013 di SMPN1 Talang Kelapa ini,
antara lain sebagai berikut.
1.
Terbentuknya wadah atau forum komunikasi antara guru-guru
Bahasa Inggris SMP di Lingkungan Kabupaten Banyuasin.
2.
Meningkatnya frekuensi, intensitas, dan kebermaknaan
saling tukar pikiran dan pengalaman antar anggota MGMP Bahasa Inggris SMP di
Banyuasin.
3.
Meningkatnya keberdayaan anggota MGMP Bahasa Inggris SMP dalam karir
profesionalnya sebagai pendidik.
4.
Meningkatnya perolehan angka kredit guru-guru SMP di
Kabupaten Banyuasin.
5.
Meningkatnya kenaikan pangkat, golongan, ruang, dan
jabatan fungsional guru-guru Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Banyuasin.
6.
Meningkatnya mutu dan kinerja guru Bahasa Inggris SMP
di Kabupaten Banyuasin.
BAB II
PELAKSANAAN
A.
Tempat dan Waktu
Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMP ini
dilaksanakan di SMPN 1 Talang Kelapa. Adapun waktu pelaksanakaan mulai tanggal 14
November 2013 sampai dengan tanggal 30 November
2013, yaitu pada tanggal 14, 15, 16, 19, 20, 28, 29, 30 November 2013.
B.
Sarana dan Prasarana
MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Banyuasin ini dilaksanakan di SMPN 1 Talang
Kelapa dengan menggunakan 2 ruangan, yaitu Ruang Multimedia dan Ruang
Laboratorium IPA. Pada awal pertemuan dengan pembahasan tentang Kurikulum
2013, peserta dibagi menjadi 2 kelompok
besar yaitu kelompok peserta yang berasal dari sekolah sasaran Kurikulum 2013
dan peserta yang berasal dari sekolah bukan sasaran Kurikulum 2013. Setiap
peserta diberi kelengkapan berupa kit yang berisi foto kopi silabus Kurikulum
2013, sebuah blocknote dan alat tulis lengkap. Dalam pelaksanaannya setiap
narasumber menggunakan seperangkat komputer, LCD projector, pointer, pengeras
suara, dan kamera video. Setiap peserta pun diwajibkan untuk membawa laptop
untuk mengerjakan tugas-tugas dalam pembelajaran.
C.
Deskripsi Program
1.
Struktur Program
Struktur program yang dikembangkan diarahkan untuk
mencapai tujuan kegiatan Peningkatan Karir PTK melalui MGMP Bahasa Inggris ini
yaitu Peningkatan karir tenaga pendidik melalui pembuatan karya tulis ilmiah dan
peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru sesuai dengan Standar
Pendidikan Nasional terhadap Kurikulum 2013. Berikut ini adalah struktur
program kegiatan Peningkatan Karir PTK melalui MGMP Bahasa Inggris Kabupaten
Banyuasin.
NO
|
MATA
BIMTEK/WORKSHOP
|
JAM
|
PENYAJI
|
A.
|
PROGRAM UMUM
|
5%-10%
|
|
1
|
Kebijakan Dinas Pendidikan
|
2
|
Kadisdik Banyuasin
|
2
|
Informasi Teknis
|
2
|
Kabid PTK SMP
|
B
|
PROGRAM POKOK
|
80%-90%
|
|
1
|
Paparan Pengembangan Karir PTK SMP
|
5
|
Instruktur Provinsi
|
2
|
Identifikasi, Perumusan Masalah, dan Penyusunan Draf Proposal Pembinaan
Karir PTK SMP.
|
10
|
Instruktur Provinsi
|
3
|
Penyusunan, Validasi dan Perbaikan Instrumen Pengumpulan Data
|
5
|
Instruktur Provinsi
|
4
|
Pengumpulan, Entry, Pengolahan Data
|
10
|
Instruktur Provinsi
|
5
|
Analisis, Interpretasi Data, dan Penyusunan Draft Laporan
|
1
|
Instruktur Provinsi
|
6
|
Penulisan Artikel Jurnal, Analisis Hasil Penelitian, Asistensi
Penulisan Artikel Jurnal
|
15
|
Instruktur Provinsi
|
7
|
Penulisan Karya Ilmiah Populer, Identifikasi dan Perumusan Masalah,
Penyusunan Draf Artikel Ilmiah.
|
10
|
Instruktur Provinsi
|
C
|
PROGRAM
PENUNJANG
|
5%-10%
|
|
1
|
Penilaian Kinerja Guru (PKG)
|
3
|
Unsur Pengawas
|
2
|
Sosialisasi Kurikulum 2013
|
3
|
Guru Inti
|
3
|
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013
|
5
|
Guru Inti
|
Jumlah
|
85
|
|
2.
Silabus
Mata Ajar MGMP
|
Indikator
|
Kegiatan Pokok
|
Kebijakan Dinas Pendidikan
|
Guru mengidentifikasi
kebijakan-kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin terkait dengan
Peningkatan Karir Tenaga Kependidikan dan Kebijakan Pengimplementasian
Kurikulum 2013 di jenjang SMP
|
Mendengarkan
penjelasan umum tentang kebijakan-kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten
Banyuasin terkait dengan Peningkatan Karir Tenaga Kependidikan dan Kebijakan
Pengimplementasian Kurikulum 2013 di jenjang SMP
|
Informasi Teknis
|
Guru memahami berbagai
informasi teknis berkaitan dengan pengusulan peningkatan karir PTK Dinas
Pendidikan Kabupaten Banyuasin dan pengimplementasian Kurikulum 2013 di
Kabupaten Banyuasin.
|
Mendengarkan penjelasan
umum tentang informasi teknis berkaitan dengan pengusulan peningkatan karir
PTK Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin dan pengimplementasian Kurikulum
2013 di Kabupaten Banyuasin.
|
Paparan Pengembangan Karir PTK SMP
|
Guru memahami berbagai
informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dapat digunakan untuk melakukan
pengembangan karir PTK
|
Mendengarkan dan
bertanya jawab tentang berbagai
informasi seputar kegiatan-kegiatan yang dapat digunakan untuk melakukan
pengembangan karir PTK
|
Identifikasi, Perumusan Masalah, dan Penyusunan Draf Proposal Pembinaan
Karir PTK SMP.
|
Guru mampu mengidentifikasi
masalah, merumuskannya, dan menyusun draf proposal Penelitian Tindakan Kelas
|
Mencari dan menemukan
masalah dalam pembelajaran di kelas, menyusunnya sebagai identifikasi
masalah, merumuskannya dalam proposal, dan menyusunnya menjadi draf proposal
Penelitian Tindakan Kelas
|
Penyusunan, Validasi dan Perbaikan Instrumen Pengumpulan Data
|
Guru mampu membuat
instrumen untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam usaha menemukan
langkah mengatasi masalah dan
memastikan kevalidannya
|
Mempelajari jenis-jenis instrumen untuk
mengumpulkan data, menyusun instrumen yang dibutuhkan sesuai rumusan masalah,
dan memastikan kevalidan instrumen
yang digunakan.
|
Pengumpulan, Entry, dan Pengolahan Data
|
Guru mengetahui teknik
pengumpulan data, menginputnya dengan benar, dan menggunkan teknik yang tepat
dalam pengolahannya.
|
Mempelajari teknik
pengumpulan data, penginputannya dengan benar, dan penggunaan teknik yang
tepat dalam pengolahannya diikuti dengan latihan-latihan penggunaan teknik
yang sesuai dengan data yang diperlukan dalam pemecahan masalah.
|
Analisis, Interpretasi Data, dan Penyusunan Draft Laporan
|
Guru dapat
menganalisis sekaligus melakukan interpretasi data, dan menyusun draft
laporan Penelitian Tindakan Kelas.
|
Dengan panduan instruktur,
guru melakukan analisis sekaligus melakukan interpretasi data, dan
berlatih menyusun draft laporan
Penelitian Tindakan Kelas.
|
Penulisan Artikel Jurnal, Analisis Hasil Penelitian, Asistensi
Penulisan Artikel Jurnal
|
Guru memahami tentang penulisan
artikel jurnal, dan analisis hasil penelitian
|
Mendengar paparan tentang penulisan artikel jurnal dan cara menganalisis
hasil penelitian dan mendiskusikannya.
|
Penulisan Karya Ilmiah Populer, Identifikasi dan Perumusan Masalah,
Penyusunan Draf Artikel Ilmiah.
|
Guru dapat memahami
tentang penulisan karya ilmiah populer, menemukan contoh-contohnya, dan
membuat draft artikel ilmiah populer
|
Mendengar penjelasan
tentang penulisan karya ilmiah populer, menemukan contoh-contohnya, dan
membuat draft artikel ilmiah populer
|
Penilaian Kinerja Guru (PKG)
|
Guru dapat
memahami teknik penghitungan kinerja dan menghitung angka kreditnyanya
sebagai syarat kenaikan pangkat.
|
Mendengarkan
penjelasan tentang teknik penghitungan kinerja dan berlatih menghitung angka kredit sebagai syarat
kenaikan pangkat.
|
Sosialisasi Kurikulum 2013
|
Guru dapat
memahami tentang kurikulum 2013, menerimanya, dan menemukan perbedaan
langkah, metode, dan pendekatan pembelajaran, dan teknik penilaiannya.
|
Mendengarkan penjelasan
dan berdiskusi tentang kurikulum 2013, meliputi langkah, metode, pendekatan
pembelajaran, dan teknik penilaiannya.
|
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013
|
Guru dapat mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rincian Minggu
Efektif, Prota, Prosem, dan RPP
|
Mendengarkan penjelasan dan berdiskusi untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa
Rincian Minggu Efektif, Prota, Prosem, dan RPP
|
D.
Metode
Pelaksanaan Program
Metode yang
digunakan dalam pelaksanaan bimtek atau workshop pengembangan karir PTK
melalui MGMP Bahasa Inggris ini, antara lain: ceramah,
tanya jawab, diskusi, brainstorming, role playing, kerja kelompok,
simulasi, peragaan, eksperimen, studi dokumen, dan presentasi.
E. Jadwal Kegiatan
Hari/ Tanggal
|
Waktu
|
Materi
|
Narasumber/ Fasilitator
|
Kamis/14 November 2013
|
08.00 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 11.45
11.15 – 12.00
12.00 – 13.30
13.30 – 14.45
14.45 – 16.15
|
Pembukaan
Rehat kopi
Kebijakan Dinas Pendidikan
Informasi Teknis
Ishoma
Informasi Teknis
Penilaian Kinerja Guru
|
Kadisdik. Banyuasin
Panitia
Kadisdik. Banyuasin
Kabid Program dan Pembangunan
Panitia
Kasi Kurikulum Diklan
Pengawas Lanjutan
|
Jumat/15 November 2013
|
08.00 – 09.00
09.00 – 09.30
09.30 – 09.45
09.45 – 11.15
11.15 – 13.30
13.30 – 16.30
|
Rasionalisasi Kurikulum
2013
Sistem Penilaian
Kurikulum 2013
Rehat Kopi
Penyusunan Perangkat
pembelajaran Kurikulum 2013
Ishoma
Lanjutan penyusunan
perangkat pembelajaran Kurikulum 2013
|
Guru Inti
Guru Inti
Panitia
Guru Inti
Panitia
Guru Inti
|
Sabtu/16 November 2013
|
07.30 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 11.30
11.30 – 13.00
13.00 – 17.00
1 JP
|
Paparan pengembangan karir PTK SMP
Rehat Kopi
Lanjutan paparan pengembangan karir PTK SMP
Ishoma
Identifikasi dan
Perumusan Masalah dalam PTK
Tugas Mandiri
|
Instruktur provinsi
Panitia
Instruktur provinsi
Panitia
Instruktur provinsi
|
Selasa/19 November 2013
|
07.30 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 12.15
12.15 – 13.15
13.15 – 14.15
1 JP
14.15 – 17.15
|
Penyusunan Draf Proposal PTK
Rehat Kopi
Penyusunan, validasi dan perbaikan instrumen
pengumpulan data
Ishoma
Lanjutan Penyusunan, validasi dan perbaikan instrumen
Tugas mandiri
Pengumpulan dan
entry data
|
Instruktur provinsi
Panitia
Instruktur provinsi
Panitia
Instruktur provinsi
Instruktur provinsi
|
Rabu/20 November 2013
|
07.30 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 12.15
12.15 – 13.15
13.15 – 17.15
2 JP
|
Lanjutan Pengumpulan dan entry data
Rehat Kopi
Pengolahan Data
Ishoma
Analisis dan interpretasi
data Tugas Mandiri
|
Instruktur provinsi
Panitia
Instruktur provinsi
Panitia
Instruktur provinsi
|
Kamis/28 November 2013
|
07.30 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 12.15
2 JP
12.15 – 13.15
13.15 – 17.15
|
Penyusunan Draft Laporan
Rehat Kopi
Penyusunan Draft Laporan
Tugas Mandiri
Ishoma
Penulisan Artikel Jurnal
|
Instruktur provinsi
Panitia
Instruktur provinsi
Panitia
Instruktur provinsi
|
Jumat/29 November 2013
|
07.30 – 10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 12.15
12.15 – 13.15
13.15 – 17.15
1 JP
|
Analisis Hasil Penelitian
Rehat Kopi
Asistensi Penulisan Artikel Jurnal
Ishoma
Asistensi Penulisan Artikel Jurnal
Tugas Mandiri
|
Instruktur provinsi
Panitia
Instruktur provinsi
Panitia
Instruktur provinsi
|
Sabtu/30 November 2013
|
07.30 –
10.00
10.00 – 10.15
10.15 – 12.15
12.15 – 13.15
13.15 – 17.15
|
Penulisan Karya Ilmiah
Populer Rehat Kopi
Lanjutan Penulisan Karya
Ilmiah Populer
Ishoma
Penyusunan Draft Artikel
Ilmiah
|
Instruktur provinsi
Panitia
Instruktur provinsi
Panitia
Instruktur provinsi
|
F. Daftar Narasumber Nara
/penyaji
Dalam Kegiatan Peningkatan Karir PTK melalui MGMP Bahasa Inggris Kabuipaten
Banyuasin ini, narasumber/penyaji yang terlibat antara lain
terdiri dari unsur: Pejabat Diknas
Kabupaten Banyuasin, Instruktur Provinsi, dan guru inti.
Daftar Narasumber
NO.
|
NAMA/NIP
|
JABATAN
|
1.
|
Merki
Bakri, S.Pd. M.Si
|
Kepala
Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin
|
2.
|
Sadiman,
M.Pd
197106111999031001
|
Kabid Program dan Pembangunan Diknas Kabupaten
Banyuasin
|
3.
|
Mukhtar,
S.Pd. MM
196608201989031003
|
Kasi
Kurikulum Diklan Diknas Kabupaten Banyuasin
|
4.
|
Drs.
M. Akip SK
195405161987031002
|
Pengawas
Lanjutan Diknas Kabupaten Banyuasin
|
5.
|
Yustinawati, M.Pd/ 19650325 198903 2 005
|
Pengawas
Dinas Dikpora Kota Palembang
|
6.
|
Dra.Hj. Sukesi Kumalayanti/ 19600624
198603 2 006
|
Pengawas
Dinas Dikpora Kota Palembang
|
7.
|
SalvinaJosephine,
S.Pd /19700908 200501 2 006
|
Guru
SMPN.1 Talang Kelapa
|
8
|
Ana
Rosasi, S.Pd/ 197507252000122003
|
Guru
SMPN.1 Talang Kelapa
|
G. Peserta
Kegiatan Bimtek Peningkatan Karir PTK melalui MGMP Bahasa
Inggris ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari 9 SMP negeri maupun
swasta di Kabupaten Banyuasin.
DAFTAR PESERTA MGMP BAHASA INGGRIS
SMP
No
|
NAMA
|
NIP
|
ASAL
SEKOLAH
|
01.
|
Eka Andriani, S.Pd
|
19700907 199903 2
005
|
SMPN 1 Talang
Kelapa
|
02.
|
Apriatmi, S.Pd
|
19680430 199512 2
001
|
SMPN 1 Talang
Kelapa
|
03.
|
Fahrudin, A.Md.Pd
|
19561008 198012 1
001
|
SMPN 1 Talang
Kelapa
|
04.
|
Dani, S.Pd
|
19641221 199003 1
010
|
SMPN 1 Talang
Kelapa
|
05.
|
Salvina Yosephine, S.Pd
|
19700908 200501 2
006
|
SMPN 1 Talang
Kelapa
|
06.
|
Rachmawati, S.Pd
|
19850521 201001 2
021
|
SMPN 1 Talang
Kelapa
|
07.
|
Rina Yuniarti, S.Pd
|
-
|
SMPN 1 Talang
Kelapa
|
08.
|
Dwi Yanto, S.Pd
|
19660616 199003 1
001
|
SMPN 1 Sembawa
|
09.
|
Dra. Maimunah
|
19660515 199802 2 001
|
SMPN 1 Sembawa
|
10.
|
Suhartini, S.Pd
|
19700621 199203 2
004
|
SMPN 1 Sembawa
|
11.
|
Eti Sopiati, S.Pd
|
19601129 198012 1
003
|
SMPN 1 Sembawa
|
12.
|
Eka Nurilawati,
S.Pd
|
19831515 201001 2
030
|
SMPN 1 Sembawa
|
13.
|
Ifnalafia, S.Pd
|
19661231 199003 2
034
|
SMPN 2 Talang
Kelapa
|
14.
|
Mujayana, S.Pd
|
|
SMP Sandika
Sukajadi
|
15.
|
Nadiya Firdha, S.Pd
|
|
SMP Sandika
Sukajadi
|
16.
|
Herlita, S.Pd
|
|
SMP Sandika
Sukajadi
|
17.
|
Titis Anjampiani
|
|
SMP Sandika
Sukajadi
|
18.
|
Ernita, S.Pd
|
19721228 199802 2
003
|
SMPN 2 Sembawa
|
19.
|
Istiyani, S.Pd
|
19680425 199802 2
004
|
SMPN 2 Sembawa
|
20.
|
Dra.Widiawati
|
|
SMPN 2 BA 3
|
21.
|
Usman, S.Pd
|
19650210 199003 1
008
|
SMPN 2 Sembawa
|
22.
|
Yeli Maharani
|
19850710 201001 2
023
|
SMPN 2 Sembawa
|
23.
|
Sari Kasuarina, S.Pd
|
19720917 199903 2
003
|
SMPN 2 BA 3
|
24
|
Lulusi Maryati, S.Pd
|
19710918 199903 2
001
|
SMPN 2 BA 3
|
25.
|
Rismawati, S.Pd
|
19740220 200604 2
006
|
SMPN 1 BA 3
|
26.
|
Emylia, S.Pd
|
19720107 199903 2
002
|
SMPN 1 BA 3
|
27.
|
Triani Savitri
|
19801013 200802 2
001
|
SMPN 1 Tanjung Lago
|
28.
|
Nadiyya Susilawati, S.Pd
|
19761028 201001 2
005
|
SMPN 1 Tanjung Lago
|
29.
|
Yuliasari, S.Pd
|
19750730 199903 2
003
|
SMPN 1 Suak Tapeh
|
30.
|
Sugiyanto
|
|
SMP Santo Louis
|
H. Kepanitiaan
Untuk memperlancar kegiatan
peningkatan karir PTK melalui MGMP Bahasa Inggris, dibentuklah susunan
kepanitiaan sebagai berikut :
I.
Pelindung / Penasehat : 1. Kabid Lanjutan Disdik Banyuasin
2. Kasi Kurikulum
II.
Penanggung Jawab : Kepala Sekolah
III.
Ketua :
Ana Rosasi, S.Pd.
IV.
Sekretaris :
Umiarsih, S.Pd
V.
Bendahara :
Azi Mustain
VI.
Anggota : 1. Lailawati, S.Pd
2. Isnadi, A.Md.Pd
3. M. Nuril Yunus, S.Kom
I. Penggunaan Dana
Dana bantuan dimanfaatkan dengan alokasi sebagai berikut :
Daftar Rincian
Anggaran kegiatan
No
|
Uraian Kegiatan
|
Volume
|
Satuan
|
Jumlah
|
1. Persiapan
|
||||
1
|
Transport mengantarkan proposal 1 orang
|
1
|
Rp. 200.000
|
Rp. 200.000
|
2
|
Kosumsi rapat Peserta 30 Orang
|
30
|
Rp. 20.000
|
Rp. 600.000
|
3
|
Konsumsi rapat Panitia 7 orang
|
7
|
Rp. 15.000
|
Rp. 105.000
|
4
|
ATK Proposal 1 x kegiatan
|
|
|
Rp. 540.000
|
|
|
|
|
|
Sub
Total
|
Rp. 1.445.000
|
|||
2.
Pelaksanaan
|
||||
1
|
Honor peserta 30 orang x 8
kegiatan
|
240
|
Rp. 25.000
|
Rp. 6.000.000
|
2
|
Transport Peserta 30 orang x 8 kegiatan
|
240
|
Rp. 15.000
|
Rp. 3.600.000
|
3
|
Honor Narasumber 2 orang x 8 kegiatan
|
16
|
Rp. 200.000
|
Rp. 3.200.000
|
4
|
Transport Narasumber 2 orang x 8 kegiatan
|
16
|
Rp. 25.000
|
Rp. 400.000
|
5
|
Transport Panitia 7 x 8 kegiatan
|
56
|
Rp. 15.000
|
Rp. 840.000
|
6
|
Honor Panitia 7 x 8 kegiatan
|
56
|
Rp. 30.000
|
Rp. 1.680.000
|
7
|
Konsumsi Peserta 30 orang x 8 kegiatan
|
240
|
RP. 15.000
|
Rp. 3.600.000
|
8
|
Konsumsi Panitia 7 orang x 8 kegiatan
|
56
|
Rp. 15.000
|
Rp. 840.000
|
9
|
Snack Peserta, Narasumber dan
Panitia 8 x 44 orang
|
352
|
Rp. 10.000
|
Rp. 3.520.000
|
|
Piagam Peserta, Narasumber dan Panitia
|
44
|
Rp. 15.000
|
Rp. 660.000
|
10
|
ATK Pelaksanaan
|
-
|
-
|
Rp 500.000
|
Sub
Total
|
Rp.24.840.000
|
|||
3. Pengendalian dan Penjaminan Mutu
|
Rp. 1.165.000
|
|||
4. Pelaporan
|
||||
1
|
ATK dan Penggandaan Laporan
|
1
|
Rp. 200.000
|
Rp. 200.000
|
2
|
Dokumentasi
|
1
|
Rp. 200.000
|
Rp. 200.000
|
3
|
Transport Mengantarkan Laporan 1 orang
|
|
Rp. 150.000
|
Rp. 150.000
|
Total
|
Rp. 550.000
|
|||
1. Publikasi Hasil Kegiatan
|
Rp. 700.000
|
|||
Sub
Total
|
|
|||
Jumlah Total
|
Rp. 28.000.000
|
BAB III
HASIL, EVALUASI,
MASALAH DAN PEMECAHAN, DAN TINDAK LANJUT
A.
Hasil Pelaksanan Kegiatan
Ada beberapa indikator keberhasilan dalam
pelaksanaan kegiatan Bimtek pengembangan karir
PTK melalui MGMP Bahasa Inggris SMP Negeri
1 Talang Kelapa, antara lain :
1.
100 % ( 30 )
anggota MGMP Bahasa
Ingris telah mengikuti kegiatan Bimtek Peningkatan Karir PTK selama 8 kali
pertemuan (85 Jam Pelajaran)
2.
Peserta memahami berbagai informasi tentang
kegiatan-kegiatan yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan karir PTK
3.
Peserta mampu mengidentifikasi masalah, merumuskannya,
dan menyusun draf proposal Penelitian Tindakan Kelas
4.
Peserta dapat melakukan presentasi proposal Penelitian
Tindakan Kelas
5.
Peserta dapat memahami tentang penulisan karya ilmiah
populer, menemukan contoh-contohnya, dan membuat draft artikel ilmiah populer
6.
Peserta dapat memahami teknik penghitungan kinerja dan
menghitung angka kreditnyanya sebagai syarat kenaikan pangkat
7.
Peserta dapat memahami tentang kurikulum 2013,
menerimanya, dan menemukan perbedaan langkah, metode, dan pendekatan
pembelajaran, dan teknik penilaiannya.
8.
Peserta dapat mengembangkan perangkat pembelajaran berupa
Rincian Minggu Efektif, Prota, Prosem, dan RPP
B.
Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan bimtek pengembangan karir PTK melalui
MGMP Bahasa Inggris SMPN 1 Talang Kelapa dimaksudkan untuk meningkatkan
kemampuan pendidik dalam melakukan upaya peningkatan karir profesionalnya dan
meningkatkan pemahamannya tentang Kurikulum 2013. Kegiatan ini mendapat
tanggapan yang sangat positif dari pihak Disdik Kabupaten Banyuasin dan dari pihak sekolah yang diundang, maupun
para guru yang terlibat sebagai anggota MGMP Bahasa Inggris SMPN 1 Talang
Kelapa. Para anggota dengan semangat mendengarkan, melakukan diskusi, dn
mengerjakan tugas-tugas pelatihan yang diberikan selama 8 kali kegiatan. Mereka
berpendapat bahwa 8 kali pertemuan masih dianggap belum benar-benar cukup
memberikan pendampingan dalam proses pembuatan laporan Penelitian Tindakan
Kelas yang sempurna. Para peserta berharap kegiatan MGMP serupa dapat
dilanjutkan hingga dpat benar-benar secara tuntas mengupas seluruh aspek
penulisan karya ilmiah pada masing-masing jenisnya.
C.
Masalah dan
Pemecahan
Masalah-masalah yang dihadapi
selama Kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga
Kependidikan Dikdas MGMP PKn SMP Pokja I Kabupaten Karanganyar dan
pemecahannya adalah sebagai berikut:
No.
|
Masalah
|
Pemecahan
|
1
|
Waktu pelaksanaan kegiatan
berbenturan dengan kegiatan mengajar di sekolah
|
Panitia memberi kebebasan
kepada anggota untuk memilih mengikuti kegiatan Bimtek atau tetap mengajar
dan tidak mengikuti kegiatan Bimtek. Namun hanya 2 anggota yang mengundurkan
diri dan digantikan rekan mereka. Menurut mereka Bimtek Peningkatan karir PTK ini sangat penting
untuk diikuti.
|
|
Kemampuan dasar
peserta dalam membuat karya tulis ilmiah atau Penelitian Tindakan Kelas
masih rendah.
|
Melaksanakan bimbingan
Penelitian Tindakan Kelas secara terpadu sekaligus melakukan pendampingan
asistensi, yaitu peserta yang dianggap telah menguasai diminta membantu
peserta yang belum menguasai.
|
|
Semangat peserta semakin
rendah ketika menemui banyak kendala pada saat penyusunan proposal
berlangsung
|
Memberikan motivasi kepada
peserta dan melakukan pendampingan asistensi dalam penyusunan proposal PTK
|
|
Waktu penyusunan proposal
penelitian sangat sempit bagi anggota yang merupakan peneliti pemula.
|
Tugas- tugas dikerjakan di
luar kegiatan bimtek dpat dikonsultasikan kepada narasumber melalui telepon
atau email.
|
|
Sering terjadi pemadaman
listrik, yang cukup menganggu kegiatan MGMP
|
Menyiapkan generator set.
Meskipun tidak seoptimal bila listrik menyala.
|
D.
Tindak Lanjut
Tindak lanjut pelaksanaan Kegiatan
Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Dikdas MGMP Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Talang Kelapa ini
adalah berupa kegiatan sebagai berikut:
a.
Mempublikasikan kegiatan ini
melalui media cetak Harian Banyuasin
b.
Mempublikasikan kegiatan ini
melalui blog MGMP Bahasa Inggris SMPN 1 Talang Kelapa
c.
Memotivasi peserta yang sudah dibuat untuk
melanjutkan Penelitian tindakan Kelas sampai pada pelaporan PTK untuk
melengkapi persyaratan kenaikan pangkat guru dan penetapan angka kreditnya.
d.
Mengajak rekan-rekan anggota
untuk mensosialisasikan hasil kegiatan ini kepada guru-guru Bahasa Inggris yang
belum pernah mengikuti kegiatan sejenis.
e.
Membuat laporan akhir hasil
kegiatan.
f.
Mengirimkan laporan hasil
kegiatan Bimtek Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan PTK Dikdas melalui
Blockgrant MGMP PKn SMP ke Dirjen Dikdas Kemdikbud di Jakarta.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pemberian
Bantuan Peningkatan Karir PTK SMP melalui MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten
Banyuasin merupakan kontribusi positif dalam upaya memberikan bimbingan teknis dalam mendukung peningkatan profesionalisme
dan kinerja tenaga kependidikan dalam penulisan karya ilmiah dan dalam proses
pembelajaran yang diusung oleh para guru Bahasa Inggris di kabupaten Banyuasin.
B.
Rekomendasi
Agar seluruh rekan guru memahami tentang
pengembangan karir Pendidik
dan Tenaga Kependidikan (PTK), ada beberapa
hal yang kami rekomendasikan, yaitu :
1.
Pemerintah
(melalui Direktorat P2TK Dikdas, Dirjen Dikdas, Kemendikbud) memperbanyak
program dan anggaran untuk kegiatan serupa secara terjadwal setiap tahunnya.
2.
Dinas
Pendidikan Kabupaten (melalui Pengawas Sekolah) memberikan layanan bimbingan teknis dan sosialisasi mengenai pengembangan
karier PTK kepada para guru di kabupaten Banyuasin.
3.
Para guru Memahami, mempersiapkan
dan melaksanakan
pengembangan karir PTK, dan
4.
Kami berharap agar kegiatan sejenis dapat terlaksana lagi
di masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
Direktorat P2TK
Dikdas, Ditjen Dikdas Kemendikbud, Jakarta 2013 Buku Pedoman
Pemberian Dana Bantuan Peningkatan Karir PTK SMP Melalu MGMP SMP Tahun 2013
0 komentar:
Posting Komentar